Pengertian,Sejarah,Keunggulan Dan Cara Kerja TCP/IP

Jaringan Komputer- Pengertian : TCP/IP adalah sekumpulan protokol yang terdapat didalam jaringan komputer atau network yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antara komputer satu dengan komputer lainnya. TCP/IP merupakan protokol standard pada jaringan internet yang menghubungkan banyak banyak komputer yang berbeda jenis maupun sistem operasi agar dapat berinteraksi satu sama lain. 

Baca Juga : Macam-Macam Bagan Pada Layer TCP/IP

Sejarah 
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hinga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standard untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah jaringan standard terbuka yang bersifat independen pada mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan dimana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya dalam satu jaringan internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda seperti (Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Keunggulan TCP/IP sebagai berikut :
  1. Open Protocol Standard yaitu tersedia secara bebas dan dikembangkan independen terhadap komputer hardware atau pun sistem operasi apapun. Karena didukung secara meluas, TCP/IP sangat ideal untuk menyatukan bermacam hardware dan software walaupun tidak bekomunikasi secara langsung lewat internet.
  2. Independen dari Physical network hardware , ini menyebabkan TCP/IP dapat mengintergrasikan bermcam network, baik melalui ethernet, token ring, dial-up, X.25/AX.25 dan media transmisi fisi lainnya.
  3. Skema Pengalamatan yang umum menyebabkan device yang menggunakan TCP/IP dapat dihubungi alamat  device-device lain seluruh network, bahkan internet sekalipun.
  4. Hight level Protocol  Standard yang dapat melayani user secara luas.

Cara Kerja TCP/IP
  • Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dalam satu jaringan dalam satu jaringan yang terdiri dari banyak komputer, dibutuhkan alamat tujuan dan untuk memindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara aman dan langsung.
  • Internet menggunakan untuk menjamin sampainya data secara aman dan langsung.
  • Saat seorang pengguna internet mengirim sekelompok teks ke mesin pencari lain maka disitu TCP/IP mulai berkerja. TCP membagi teks menjadi 2 paket data kecil, menambahkan beberapa informasi (dianggap sebagai pengirim barang) sehingga komputer penerima memastikanbahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. IP menambahkan label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.
  • Deretan paket-paket TCP/IP berjalan menuju tujuan yang sama dengan menggunakan sebagai jalur yang berbeda. Sebuah perangkat khusus yang disebut router dipasang dititik persimpangan antar jaringan dan memtuskan jalur mana yang lebih efesien yang menjadi langkah berikut dari sebuah paket. Router membantu mengatur arus lalu lintas di Internet dengan membagi beban sehingga menghindari kelebihan beban pada suatu bagian dari sistem yang ada.
  • Saat paket TCP/IP tiba ditempat tujuannya , komputer akan membuka lael alamat IP lalu menggunakan daftar pengriman yang ada pada packet TCP/IP untuk memeriksa apakah ada kerusakan packet yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tersebut menjadi susnan teks seperti aslinya. Saat komputer penerima menemukan paket yang rusak , komputer tersebut akan meminta komputer pengirim menemukan packet yang rusak untuk mengirim salnan baru dari paket yang rusak.
  • Sebauh perangkat khusu yang disebut gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada dihorison elektronik untuk berkomunikasi dengan internet dengan menggunakan protokol TCP/IP. Gateway menerjemahkan  prtokol asli jaringan komputer tersebut menjadi TCP/IP dan sebaliknya.
  • Bagi seorang pemakai internet hadir seperti jaringan global raksasa yang tidak terbatas yang langsung merespon jika diminta. Computer,Gateway,Router dan protokol yang membuat visual ini berkerja.

Nah, itulah Pengertian,Sejarah,Keunggulan Dan Cara Kerja TCP/IP yang bisa disampaikan kepada pembaca setiap blog ini.

0 comments:

Post a Comment

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih