Macam-Macam Bagan Layer Pada TCP/IP

Jaringan Komputer@- Karena tidak ada perjanjian umum  tentang bagaimana melukiskan TCP/IP dengan model Layer, biasanya TCP/IP diartikan dalam 3-5 leel fungsi dalam arsitektur protokol jaringan. Berikut ini merupakan bagan dari 5 layer TCP/IP. 

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, keunggulan Dan Cara Kerja TCP/IP


  • Physical Layer
Physical Layer didefenisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Hal - hal seperti level tegangan, nomor dan lokaso pin interface, didefenisikan pada layer ini.
  • Network Access Layer
Protokol pada layer menyediakan media bagi system untuk mengirimkan data ke device yang terhubung secara langsung. Dalam literatur yang digunakan dalam tulisan ini, Network Access Layer merupakan gabungan antar network, Data Link, dan physical Layer. Fungsi Network Access layer dalam TCP/IP disembunyikan , dan protokol lebih umum dikenal dengan IP,TCP,UDP,Dll. digunakan sebagai protokol yang lebih tinggi.

Fungsi dalam layer ini adalah untuk mengubah IP datagram ke frame yang ditransmisikan oleh network dan memetakan IP address ke Physical address yang digunakan dalam jaringan. IP address ini harus diubah ke alamat apapun yang dibutuhkan oleh physical layer untuk menstramisikan datagram.
  • Internet Layer
Diatas Network Access Layer ada Internet Layer. Internet protokol adalah antung dari TCP/IP yang paling penting dalam Internet Layer (RFC 791). Ip menyediakan layanan pengiriman paket dasar pada jaringan tempat TCP/IUP dibangun. Seluruh protokol di atas dan dibawah internet layer, menggunakan internet protokol untuk mengirimkan data. Semua data TCP/IP mengalir melalui IP, baik maupun outgoing, dengan menghabiskan tujuan terakhirnya.   
  • Transport Layer
Dua protokol utama pada layer ini adalah Transmision Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). TCP menyediakan layanan pengiriman data handal atau dikenal dengan isitilah end-to-end deteksi dan koneksi kesalahan. 
UDP menyediakan layanan pengiriman datagram tanpa koneksi (connectionless) dan low-overhead. Kedua protokol ini mengrimkan data diantara Application Layer dan Internet Layer. Programmer untuk aplikasi dapat memilih layananan mana yang lebih dibutuhkan untuk aplikasi mereka.
  • Application Layer
Pada sisi paling atas dari arsitektur protokol TCP/IP adalah Application Layer. Yang dimana seluruh proses yang menggunakan transport layer untuk mengirimkan data . banyak sekali application protocol yang digunakan saat ini. Berapa diantaranya adalah :
  • TELNET yaitu network terminal protokol yang menyediakan remote login dalam jaringan.
  • FTP yaitu File Transfer Protocol yang digunakan untuk file transfer.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan untuk mengirimkan electronic mail.
  • DNS (Domain Name Service) untuk mematahkan Ip Address kedalam nama tertentu.
  • RIP (Routing Information Protocol) merupakan protokol routing.
  • OSPF (Open Shortest Path First) merupakan protokol routng.
  • NFS (Network File System) untuk sharing file terhadap berbagi host dalam jaringan.
  • HTTP (Hypert Text Transfer Protocol) merupakan protokol web browsing.

0 comments:

Post a Comment

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih