Pengantar 7 Model Open System Interconnection (OSI)

jaringan Komputer- Model Open System Interconnection (OSI) diciptakan oleh Internasional Organization for Satndardization (ISO) yang menyediakan karangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Stabndard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

Gambar  Model Layar OSI
Terdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggung jawabsecara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggung jawab untuk mebentuk koneksi antar pengantar, sementara layar lainnya bertanggung jawab untuk mengoreksi terjadinnya "error" selama proses transfer data berlangsung.
Model Layer OSI dibagi menjadi dua kelompok yaitu : upper layer dan Lower layer. Upper Layer berfokus pada aplikasi dan penguna dan bagaimana file direpesentasikan di komputer. Untuk network Enginner bagian utama yang menjadi perhatian utamannya adalah pada Lower Layer. Lower Layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan secara aktual. 

Ketika data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus melewati ketujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi sampai physical layer. Kemudian dissi penerima, data tersebut melewati layer physical sampai aplikasi. Pada saat data melewati layer sisi pengirim, maka akan ditambahkan satu "header" sedangkan pada sisi penerima "header" dicopot sesuai dengan layernya.

Model OSI 
Tujuan utama pengunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan alioran komunikasi data. termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode transmisi.
Model dibagi menjadi 7 layer, dengan krakteristik dan fungsinya masing-masing. Toap layer harus daat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.

Berikut fungsi-fungsi setiap layer pada IOS :
  • Application Layer

Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.   
  • Presentation Layer

Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen dan JPG untuk gambar. Layer ini membentuk code konversi transasi data, enkripsi dan koversi.
  • Sesion Layer

Menentukan bagaimana dua termninal menjaga , memelihara dan mengatur koneksi bagaimana mereka saling terhubung satu sama lainnya.
  • Transport Layer

Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika end-to-end anatar terminal, dan menyediakan penanganan error (error hending).
  • Network Layer

Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus di ambil selama pemprosesan dan menjaga antrian trafik di jaringan. data pada layer ini berbentuk paket.
  • Data Link Layer

Menyediakan link atau data memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan hardware kemudian diangkut melalui media komunikasi dengan lan card, mengatur komunikasi layer physical antar sistem koneksi dan penanganan erro.
  • Physical Layer

Bertanggung jawab atas prose data menjadi bit dan mentransfernya melalui media seperti kabel dan menjaga koneksi fisik antar sistem.

Sekian informasi tentang Pengantar 7 Model Jaringan OSI yang bisa diberikan kepada pembaca setia YHMH | News Post Update. Thanks 

0 comments:

Post a Comment

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih