Dampak Buruk Radiasi Elektromagnetik Dari Smartphone Bagi Kesehatan


Kesehatan - Smarphone merupakan alat komunikasi, dan hampir seluruh umat manusia yang ada di bumi ini memiliki alat ini. Tapi tahukah anda apa dampak bahaya radiasi elektmagnetik dan gelombang radio yang ditimbulkan dari perangkat smartphone anda.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kita Sering Susah Tidur Pada Malam Hari
  • Nomophobia
Nomophobia adalah satu penyakit  kecemasan atau ketakutan yang luar biasa ketika anda berada jauh dari ponsel. Contoh gejalanya seperti sering memeriksa layar dan isi ponsel kalau tidak melalukan hal tersebut anda selalu merasa cemas, dan selalu membawa ponsel kemana pun. Orang yang menderita penyakit ini akan merasa tidak bisa hidup tanpa HP,  Dan jika anda sudah merasakan gejala seperti ini, maka baiknya berpikir  tenang ,rileks dan bijak dalam menggunakan ponsel.
  • Dapat menyebabkan Rabun Jauh 
Terlalu lama menatapi smartphone  dapat mengganggu pencahayaan mata dan merusak indra mata.
  • Selalu Merasa Stres dan Depresi
Memiliki ponsel akan selalu menghantui anda untuk menghabiskan sepanjang hari berbicara atau mengirim pesan, dari pada melakukan sesuatu yang positif. Studi telah membuktikan bahwa remaja yang menghabiskan terlalu banyak waktu mereka dengan ponsel mereka lebih rentan mengalami stres dan kelelahan. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan psikologis..

Sebuah studi dari Northwestern University mengungkapkan bahwa semakin banyak orang menghabiskan waktu pada telepon mereka, semakin besar kemungkinan mereka mengalami depresi. Rata-rata penggunaan sehari-hari untuk orang yang depresi adalah 68 menit, dibandingkan dengan hanya 17 menit untuk seseorang yang memiliki kesehatan mental lebih baik.
  • Tingkat Kecemasan Tinggi 
Bergantung pada pesan masuk atau dikenal dengan SMS sebagai suatu mode dlam berkomunikasi dapat meningkatkan kecemasan pada seseorang. Texting langsung memuaskan, tapi juga menghasilkan sebuah kegelisahan. Jawaban instan oleh teman bisa membawa kegembiraan. Tapi jika terjadi respons tertunda ataukah tidak ada respon yang cepat maka kesenangan yang tadi akan berubah menjadi sebuah kekecewaan yang mendalam.
  • Radiasi Elektromagnetik
Walau masih belum jelas apakah radiasi dari sebuah perangkat smartphone dapat menyebabkan ganguan/ masalah pada kesehatan. Namun menurut 200 ilmuan biologi dan kesehatan dari seluruh dunia mencoba meningkatkan kesadaran kepada semua masyarakat tentang hal ini.


Dimana mereka meminta bantuan Organisasi dunia dan Perserikatan bangsa-bangsa maupun pemerintah nasional dalam mengembangkan peraturan tentang ketat dan selektif mengenai ponsel yang dapat menciptakan suatu percikan medan elektromagnetik.

0 comments:

Post a Comment

1. Harap tidak meletakan Link Aktiv(spam) pada komentar anda.
2. Mungkin tidak semua komentar yang anda publish bisa saya balas.
3. Silakan berkomentar dengan etika dan bahasa yang baik. Terima Kasih